Tips Belanja Online Dengan Aman Tanpa Kuatir Uang Hilang

Belanja online saat ini sudah menjadi hal yang lumrah bagi masyarakat, cukup dengan menggunakan smartphone kamu sudah berbelanja barang – barang yang kamu inginkan di semua toko marketplace  baik itu di indonesia ataupun luar negeri. Akan banyak toko online yang tersedia akan tetapi tidak semua toko online dapat dipercaya atau aman ketika kita berbelanja. Modus – modus kejahatan saat ini sudah menyebar sampai ke penjualan online, jadi kamu sebaiknya harus berhati – hati ketika berniat berbelanja online.

Untuk kamu yang memang hobi berbelanja online memang sangat perlu memahami tips – tips berbelanja aman di online shope. Sudah tidak dapat dipungkiri lagi jika toko online shop sudah banyak bertebaran disosial media atau marketpalce. Toko online memang menawarkan bermacam – macam barang menarik untuk dijual serta kemudahan dalam melakukan transaksi. Para customes tentunya akan semakin dimudahkan denagn adanya fitur – fitur yang tersedia.

10 Tips Belanja Online Aman Nyaman

Hal inilah yang dimanfaatkan oleh sebagian orang tidak bertanggung jawab untuk melakukan tindakan – tindakan yang bisa merugikan orang lain. Berikut adalah tips – tips agar kamu tidak tertipu saat berbelanja online:

1. Memilih marketplace yang dapat dipercaya

Marketpalce atu biasa orang – prang sebut pasa online saat ini ramai diserbu ribuan orang – orang yang berniat membuka toko online. Sebelum kamu memilih toko online ketika ingin berbelanja online, sebaiknya kamu memeriksa keamanan situs web dari marketplace tersebut.

Salah satu patokan sederhana dari kemanan situs web yaitu adanya tanda gembok pada web adress bar pada browser kamu. Tanda gembok tersebut menandakan jika web tersebut aman dan terenkripsi.

Kamu bisa melakukan riset sederhana kepada situs web marketpalce tersebut denagn menghubungi kontak yang tersedia pada web marketpalce tersebut, atau kamu juga bisa mencari review tentang web tersebut.

Jika kamu mendapatkan review web tersebut dengan tanggapan baik dan mempunyai rating bagus, maka bisa dipastikan jika website marketplace tersebut aman oleh para pengunjung yang pernah melakukan tarnsaksi disana.

2. Periksalah dan baca deskripsi dari produk denagn teliti

Setelah kamu mendapatkan website marketplace yang terpercaya, yang harus kamu lakukan selanjutnya yaitu carilah toko online yang bisa dipercaya dengan menyediakan produk serta keterangan yang lengkap.

Deskripsi yang lengkap menunjukan profesionalitas dan kesungguhan dari penjual dalam menjual produk – produk ke calon pembeli.

3. Lihatlah review para pembeli

Dibeberapa toko online khususnya dimarketplace biasanya mereka akan menampilkan review – review dari pembeli sebelumnya. Tidak ada salahnya jika kamu mencoba membaca review sebelum kamu memutuskan untuk membeli produk pada toko tersebut.

Jika kamu merasa review yang diberikan oleh pembeli kebanyakan positif, kamu bisa bisa melanjutkan proses transaksi di toko online tersebut.

4. Jangan tergoda dengan harga murah

Barang atau produk – produk yang dijual denagn harga murah atau bahkan terlampau murah dibandingkan harga nomermalnya dipasaran. Kamu jangan mudah tergoda denagn harga murah karena hal ini berpotensi penipuan. Lihat Katalog Promo Terbaru dan carilah harga yang murah tapi masih dalam batas wajar dari harga yang ada dipasaran.

5. Lengakapi alat elektronik denagn pengaman

Dengan teknologi yang semakin canggih memungkinkan para pembobol alat elektronik kamu melalui transaksi yang kamu lakukan di web toko online.

Pembobol dapat denagn mudah menyusupkan virus atau malware berbahaya pada elektronik kamu. Pastikan semua alat elektronik kau terpasang aplikasi anti virus yang update.

6. Bijaklah mennetuka pembayaran

Pembayaran di toko online mempunyai cara yang bermacam – macam. Kamu bisa menggunakn kartu kredit, transfer, pembayaran digital atau bisa COD (cash on delivery). Semua tipe pembayaran mempunyai kelebihan dan kekurangan masing – masing. Cara pembayaran paling aman yaitu dengan COD.

7. Cek ulang total harga saat cekout

Sering terjadi ketika membeli barang, apalagi produk dalam jumlah banyak dan banyak macamnya, jarang orang – orang meneliti kembali tagihan yang diberikan.

Walaupun sudah terkomputerisasi, tidak ada salahnya jika kamu menghitung ulang total harga dari barang yang kamu beli. Hal tersebut untuk menghindari jumlah total harga barang yang tidak sesuai.

8. Simpanlah data dan bukti dari transaksi

Ini adalah salah satu hal yang harus kamu perhatikan ketika jual beli online, Kepercayaan antara penjual dan pembeli. Para pembeli harus menyimpan bukti pembayaran dan menyampaikan kepada penjual agar penjual percaya.

9. Pakailah rekening baank bersama

Beberapa marketpalce telah menyediakan rekening bersama dalam proses pembayaran dalam transaksi jual beli antar pengguna. Rekening bersama ini digunakan untuk menampung sementara uang yang telah dibayar oleh para pembeli.

Jika barang sudah sampai kepada pembeli, maka uang yang ada di rekening bersama akan ditranfer ke rekening penjual.

Demiakianlah, beberapa tips berbelanja online dengan aman. Semoga bermanfaat dan berguna untuk kalian yang masih ragu berbelanja online. Terimakasih