Tips-tips Ibu Rumah Tangga Tetap Produktif

Menjadi seorang istri memang tidak semudah yang dibayangkan. Menjadi istri sekaligus menjadi seorang ibu adalah hal yang cukup susah dilakukan. Sebagai istri dan ibu yang baik adalah yang bisa mengurus rumah dan mengurus anak dengan baik. Tetapi pada zaman sekarang meskipun sudah menjadi istri bahkan ibu tetap ingin merasakan yang namanya bekerja. Namun tak semua suami memperbolehkan istrinya untuk bekerja diluar rumah.

Hal yang Bisa Dilakukan Seorang Istri

Memang pada dasarnya seorang suami lebih menyukai jika istrinya tetap berada di rumah untuk mengurus segala macam pekerjaan rumah dan juga mengurus anak. Tapi pada zaman sekarang banyak juga perempuan yang sudah menjadi istri ingin tetap bekerja membantu suami mencari uang. Namun kembali lagi terhadap keputusan suami, karena banyak suami yang menyukai istrinya hanya berada di rumah saja.

Jika Anda termasuk orang tidak bisa hanya berdiam diri di rumah dan ingin sekali melakukan sesuatu yang menghasilkan, Anda bisa melakukan pekerjaan freelance seperti menulis artikel atau jika Anda hanya ingin melakukan Sesuatu tanpa menghasilkan uang Anda bisa melakukan beberapa hal.

Tips Ibu Rumah Tangga agar Produktif

Ada beberapa tips yang bis Anda lakukan sebagai ibu rumah tangga agar menjadi lebih produktif seperti :

  1. Membuat Catatan Jadwal Keseharian

Membuat cacatan jadwal keseharian adalah pertama yang harus ibu-ibu lakukan. Anda harus merencanakan hal apa saja yang harus dilakukan setiap harinya. Atau Anda membuat catatan masak setiap hari yang berbeda atau catatan lainnya yang bisa dan biasa Anda lakukan.

  1. Konsisten dengan Catatan

Setelah membuat beberapa catatan kecil dibuku, Anda harus konsisten dengan catatan yang dibuat agar sesuai dengan rencana Anda. Konsisten dengan apa yang Anda lakukan akan berdampak baik bagi Anda sendiri, karena akan membentuk kebiasaan baru yang produktif.

  1. Membatasi Diri dari Pemakaian Handphone

Bermain handphone boleh, namun jangan seharian penuh Anda hanya bermain handphone saja. Nah membatasi pemakaian handphone adalah salah satu cara agar jadwal yang Anda buat di catatan kecil bisa dikerjakan dengan baik tanpa terhambat karena bermain handphone.

  1. Meluangkan Waktu

Jika Anda sudah membuat catatan kecil hal yang selanjutnya Anda harus meluangkan waktu Anda untuk mengerjakan hal tersebut. Sisihkan waktu agar waktu Anda menjadi lebih produktif dengan melakukan pekerjaan yang telah Anda buat di catatan kecil Anda.

  1. Melakukan Sesuai dengan Hobi

Jika sudah membuat catatan dan sudah meluangkan waktu, selanjutnya Anda tinggal melakukan pekerjaan tersebut. Namun akan lebih baik lagi jika Anda melakukan pekerjaan sesuai dengan hobi Anda. Jika Anda memiliki hobi memasak, maka kembangkanlah hobi masak itu dengan sering berlatih masak.

  1. Menjadikan Hobi sebagai Uang

Siapa yang tahu bahwa hobi yang Anda miliki bisa menghasilkan uang. Hal ini sangat cocok untuk ibu rumah tangga yang ingin bekerja namun tak diperbolehkan oleh suami untuk bekerja. Anda bisa melakukan hobi memasak Anda menjadi peluang bisnis. Anda bisa memulai dengan membuat sebuah kue lalu kemudian Anda menjualnya ke tetangga-tetangga Anda.

  1. Semangat dan Optimis

Hal ini sangat perlu Anda miliki. Jika Anda tidak memiliki rasa semangat maka semua akan terasa berat bahkan ketika Anda melakukan hobi sekalipun akan tetap merasa sangat berat. Ketika Anda menjual hasil karya Andam Anda harus optimis bahwa barang yang Anda buat akan laku. Jangan pernah ada kata menyerah, karena jika Anda sudah merasa lelah dan akhirnya Anda menyerah maka berarti Anda sudah kalah.

Itu adalah 7 tips yang bisa Anda lakukan sebagai ibu rumah tangga agar tetap produktif. Jika Anda melakukan ketujuh tips tersebut maka hidup Anda akan lebih produktif dan juga Anda bisa menghasilkan uang juga.

Meski begitu, hal yang sebaiknya yang pertama Anda lakukan adalah meminta pendapat terlebih dahulu kepada suami Anda, meminta izin untuk melakukan kegiatan tersebut. Terlebih lagi jika Anda ingin menjualnya, Anda sebaiknya meminta izin kepada suami terlebih dahulu agar suami tidak marah.